Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK)

Posted on

Dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) juga ditekankan perlunya pemahaman auditor dalam pemeriksaan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer. Teknik ini dikenal dengan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) atau Computer Assisted Audit Techniques (CAATs). Sudah beberapa semester saya mengajar di Jurusan Akuntansi FE Unair dan STIE Perbanas Surabaya untuk matakuliah Pengauditan PDE (Kalau di kampus Perbanas disebut EDP Auditing), yang salah satu materinya adalah TABK ini. Ini adalah tulisan untuk yang ingin tahu lebih dekat tentang TABK.

Penggunaan TABK atau CAATs akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas auditor dalam melaksanakan audit dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer. Untuk itu mengkombinasikan

 

pemahaman mengenai pentingnya keahlian audit dengan pengetahuan sistem informasi berbasis komputer akan menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan dalam proses audit sistem informasi. Persiapan auditor sistem informasi untuk memiliki keahlian tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk dapat melakukan tugas sebuah audit sistem informasi

Dalam praktek audit, terutama auditee yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer (kayaknya hampir semua perusahaan besar sudah Computer-based IS), auditor yang bisa mengoperasikan TABK ini memang sangat diperlukan. Tahun 2005, saya yang di KAP HLB Hadori Surabaya saat mengaudit PT Pelindo III, beli software ACL ini, harganya total plus bea masuk sekitar Rp. 35 juta (ini hanya untuk 1 lisensi saja). Sebenarnya selain software ACL ada juga software lainnya seperti IDEA, CA Panaudit Plus, Monarch Software dan banyak lagi lainnya, tetapi kebanyakan fungsinya sama, yaitu data interogating.

Data Intergoating adalah pengolahan database untuk tujuan tertentu, definisinya sebagai berikut:

CAATs is a PC based File Interrogation Tool for use by auditors, accountants, investigators and IT staff.
It analyses data in many ways and allows extraction, sampling and manipulation of data in order to identify errors, problems, specific issues and trends

Keuntungan menggunakan TABK ini antara lain adalah:

  • increased or wider scope of investigations, which cannot be done manually; Untuk database yang berisikan ribuan transaksi, yang tidak mungkin dilakukan dengan cara manual, maka TABK sangat membantu untuk memfokuskan audit.
  • increased coverage (covering 100% of the transactions for a year or more); TABK mampu memeriksa 100% seluruh transaksi dalam sebuah database.
  • better information, such as extra analysis or profiling of data; TABK mampu memberikan informasi untuk analisis data dan melihat profil data.
  • saving time; Waktu untuk proses audit lebih cepat dengan bantuakn TABK ini.

Sebenarnya klo untuk orang yang sudah pinter komputer dengan menggunakan perintah-perintah query SQL, maka nggak perlu pake software ini. Tapi bagi para akuntan yang biasanya nggak tahu perintah-perintah query itu maka sangat cocok sekali untuk memahami sebuah database. Berikut ini saya sampaikan beberapa modul dasar untuk latihan TABK dengan menggunakan perangkat lunak ACL yang sering saya sampaikan di matakuliah yang saya asuh. Beberapa modul yang dapat didownload seperti berikut dibawah ini. Modul-modul ini hanya untuk memberikan pemahaman dasar mengenai data interrogating yang sering dilakukan ketika melakukan audit dalam lingkungan sistem informasi berbasis komputer.

Filenya berikut berbentuk .pdf Silakan anda cetak sendiri dan boleh diperbanyak dan gratis alias free loh. Total semua file ini saya kompres dalam bentuk .zip dapat anda download di sini, tapi klo mau download satu-satu silakan klik berikut ini.

Cuman sayangnya, karena modul-modul tersebut saya buat tahun 2005, saat software ACL masih versi 7 (saat ini yang terbaru sudah versi 9). Tapi pada prinsipnya, untuk belajar interogasi dan manipulasi database, tetap sama.

Untuk data latihan modul-modul tersebut di atas silakan download file yang saya kompress di sini database.zip (kalo mau latihan, datanya ya harus anda uncompress dulu).

Untuk softwarenya, ACL versi 7 – dapat anda download di sini (ini software boleh apa nggak ya aku upload di sini? saya blom kontak ijin dari ACL untuk upload ini, tapi ini software hanya versi educational purpose saja kok, tapi full functional loh. Cuman hanya record databasenya untuk latihan saja sehingga terbatas, nggak bisa dipake beneran … yah namanya educational purpose). Untuk menjalankannya, silakan unzip dan jangan lupa saat unzip passwordnya www.theakuntan.com kemudian dari folder hasil unzip klik 2 kali file ACL for Windows 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published.